Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang Cara Membuat Laporan Pembayaran Hutang Piutang Dengan Pemberitahuan Jatuh Tempo Menggunakan Microsoft Excel.
Jika anda bekerja di perusahaan tentu tidak luput dari yang namanya hutang piutang. Secara umum hutang piutang wajib di bayarkan. semua pemilik usaha (pengusaha) pastinya ingin menghindari hutang. namun pada kenyataanya, hutang ternyata bisa berkontribusi besar dalam bisnis apabila dikelola dengan baik.
Yang namanya hutang biasanya akan dicatat dalam bentuk laporan neraca keuangan. Di dalam laporan tersebut, akan diperlihatkan pula tujuan dari peminjaman uang. contohnya, jika meminjam untuk keperluan pembelian mesin produksi, itu artinya akan semakin menambah stok barang/produk yang akan dijual kepada pelanggan. Disini admin akan menjelaskan sedikit tentang hutang piutang.
Kunjungi Juga: Cara Membuat Form Login Hak Akses di Excel Dengan Koneksi Database Access
Apa itu Hutang Piutang?
Hutang adalah sebuah kewajiban yang harus dibayarkan (dalam bentuk uang) dari seorang pemilik usaha kepada pihak yang meminjamkan setelah hutang tersebut jatuh tempo.
Sedangkan piutang adalah uang yang dimiliki oleh pengusaha namun masih belum dilunasi oleh pelanggan. Dengan kata lain, piutang adalah hasil keuntungan dari penjualan tetapi uangnya masih berada di pelanggan.
Semua hutang yang dimiliki tidak akan lupa dibayarkan apabila tercatat rapih di dalam laporan keuangan. Sayangnya, dalam mengelola laporan keuangan secara manual akan menimbulkan masalah tersendiri. Hal itu terjadi lantaran banyak pemilik usaha yang tidak mempunyai waktu untuk menyelesaikan laporan keuangan yang tepat waktu.
Oleh karena itu, harus diperlukan sebuah aplikasi yang bisa mengurusi semua kegiatan bisnis secara otomatis. pembuatan daftar hutang ini sangat bermacam-macam jenisnya karena memang tidak ada format khusus yang wajib untuk laporan ini.
Pada prinsipnya yang terpenting dalam sebuah daftar hutang adalah memuat nama vendor, tanggal, jumlah dan juga jatuh tempo dari hutang tersebut. Ini sangat penting untuk diketahui karena dalam proses selanjutnya pasti bagian keuangan akan membuat jadwal pembayaran hutang setelah jatuh tempo.
Kunjungi Juga: Download Gratis Aplikasi Penjualan Berbasis Excel
Cara Membuat Laporan Daftar Hutang / buku hutang Dengan Rumus di Excel
Sebelum kita melihat cara pembuatan daftar hutang atau buku hutang ini sebaiknya kita memahami terlebih dahulu alur dari transaksi yang menimbulkan hutang usaha. Hutang usaha ini berasal dari transaksi pembelian barang baik barang yang akan digunakan ataupun barang yang akan dijual kembali.
Terus Bagaimana Cara Membuat Laporan Daftar Hutang Menggunakan Notifikasi atau Pemberitahuan Jatuh Tempo di Excel?
Baiklah disini admin akan berbagi cara membuat laporan pembayaran hutang dengan pemberitahuan jatuh tempo menggunakan Microsoft Excel.
Berikut contoh sederhana cara membuat laporan data hutang yang akan kita buat dengan excel.
Cara Sederhana Membuat Laporan Data Hutang Piutang |
Rumus yang kita gunakan disini adalah Penambahan, pengurangan dan if.
- Penambahan digunakan untuk memproses tanggal pinjam dengan tanggal jatuh tempo.
- Pengurangan digunakan untuk memproses tabel Jumlah pinjam dan dibayar di tabel sisa hutang.
- Rumus if di gunakan untuk memproses data pada tabel keterangan
Baiklah silahkan anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.
- Pertama silahkan anda buka excel terlebih dahulu dan buatlah tabelnya seperti gambar dibawah ini.
Laporan Data Hutang |
- Selanjutnya pada nama, tanggal pinjam, jumlah pinjam dan dibayar isi seperti gambar diatas atau isi sesuai keinginan anda. dan pada Jatuh tempo, keterangan, sisa hutang kosongkan dahulu karna itu yang kita proses nantinya.
- Langkah selanjutnya pada kolom/cells jatuh tempo (C4) silahkan anda buat rumus penambahan seperti berikut: =C4+30 (Kolom Jatuh Tempo – Jangka Waktu Bulanan)
Setelah selesai silahkan anda drag/tarik kebawah.
- Kemudian pada kolom/cells sisa hutang (H4) silahkan anda buat rumus pengurangan seperti berikut: =F4-G4 (kolom jumlah pinjam dikurangi kolom dibayar) setelah selesai silahkan anda drag kebawah.
- Selanjunya pada kolom keterangan (E4) buatlah rumus seperti berikut.
=IF(H4=0;"LUNAS";IF(D4>$J$4;D4-$J$4;IF(D4=$J$4;"JATUH TEMPO";IF(D4<$J$4;"LEWAT"))))
Setelah itu silahkan anda drag/tarik lagi kebawah.
Supaya pada kolom keterangan berwarna seperti yang dicontohkan pada gambar di atas silahkan anda simak dibawah ini.
- Silahkan anda blok pada kolom keterangan - Coditional formatting - New Rule - Format Only cells that containt, pada kolom format only cells with pilih spesific text pada kolom samping containing buat namanya Lewat, kemudian klik format – fill pilih warna Merah - Ok
jika ingin warna nya berbeda berdasarkan keterangan tertentu silahkan anda klik new Rule lagi seperti cara diatas. misalnya anda ingin menambahkan warna hijau pada keterangan Lunas dan warna kuning pada keterangan Jatuh Tempo.
- Terakhir Jika ingin menambahkan teks hari lagi seperti gambar diatas, silahkan anda blok kolom keterangan – pilih panah kecil di samping number - pilih custom buatlah seperti gambar berikut.
0 komentar