-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Cepat dan Mudah Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad

Cara Cepat dan Mudah Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad
Bagi anda yang sering mengerjakan tugas dengan komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Office. Dengan menggunakan aplikasi ini, pekerjaan kita sangat membantu dalam menyelesaikan sebuah program.

Khusus bagi anda yang bekerja di perkantoran serta sekolah, aplikasi Microsoft Office adalah aplikasi andalannya. Tanpa Aplikasi Microsoft Office ini bisa jadi tugas anda akan sulit terselesaikan bahkan tidak bisa diselesaikan.
Hampir seluruh data perkantoran dan sekolah bisa diselesaikan dengan aplikasi Microsoft Office. Maka daripada itu aplikasi Microsoft Office adalah aplikasi wajib harus ada di setiap komputer atau laptop anda.

Baca Juga: Cara Cepat dan Mudah Cetak Raport K13 Secara Otomatis di Excel 

Dengan menggunakan Microsoft Office sangat membantu dalam pengerjaan tugas komputer seperti pembuatan dokumen, data, presentasi, dan sebagainya.

Dan juga segala hal yang berhubungan dengan pengolahan data seperti membuat tabel, membuat rumus, dan sebagainya semua sudah tersedia lengkap di Microsoft Office Excel.

Salah satu dari sekian ratusan fitur di Office Excel adalah bisa mengurutkan data sesuai dengan abjad A sampai dengan Z (Ascending) atau sebaliknya Z sampai dengan A (Descending). Contohnya, membuat Nama Siswa.
Dengan menggunakan Fitur tersebut, agar nama siswa lebih terurut dan rapi. maka dari itu kita harus mengurutkan data tersebut yang sesuai dengan abjad.

Berikut Cara Mengurutkan Data Di Microsoft Office Excel Berdasarkan Alfabet (Abjad)
Dalam mengurutkan data sesuai huruf abjad di Office Excel dibagi menjadi dua bagian, A-Z disebut Ascending dan Z-A disebut Descending. Jika kita ingin mengurutkan data sesuai abjad yang dimulai dari huruf A sampai dengan huruf Z maka dinamakan Ascending. Namun jika sebaliknya yaitu dimulai dari huruf Z sampai dengan huruf A itu namanya Descending.

Sebagai contoh bisa anda lihat data Office Excel saya seperti berikut :
Data tersebut kita lihat memang tidak berurutan atau tidak sesuai dengan abjad. Jika kita ingin mencari data seseorang yang datanya lumayan banyak tentu kita akan kesulitan kecuali jika data tersebut jumlahnya sedikit. Untuk menghindari hal tersebut maka mari kita ubah data tersebut agar berurutan sesuai dengan abjad.

Baca Juga: Cara Sederhana Input Data Siswa Beserta Foto di Userform VBA Excel

Yang akan kita ubah urutannya sesuai dengan abjad adalah pada Cell B atau pada kolom Nama Siswa. Untuk mengubah urutan data, kita meski tahu dulu nama atau judul data tersebut. Jika dalam contoh data diatas adalah Data siswa, maka tentunya yang akan kita susun urutannya sesuai abjad adalah data siswanya.

1. Silahkan anda blok datanya mulai dari Cell A5 sampai dengan Cell D29 seperti contoh gambar dibawah ini.
Setelah mem-blok semua data tabel yang akan kita ubah susunan Abjad nya, kemudian anda pilih Tab menu Data ~> Sort.
Kini didepan kita adalah kotak dialog Sort dimana fungsinya adalah untuk mengubah urutan data sesuai dengan abjad.
Silahkan Anda centang/checklist pada My data has headers, artinya kita akan mengecualikan data yang berada pada header tabel. Tentunya kita tidak perlu mengubah data yang terdapat pada header ini.

3. Pada Sort by silakan Anda pilih Cell atau kolom yang akan diubah urutannya. Contoh kali ini kita akan mengubah urutan data pada Cell B atau kolom Nama Siswa.

4. Untuk Sort On biarkan default saja dan untuk Order silakan Anda tentukan apakah urutan data menjadi Ascending (A-Z) atau Descending (Z-A). Jika sudah selesai pengaturannya, sekarang Anda pilih OK.

Apa yang terjadi? Jika anda sudah benar melakukan pengaturan seperti yang sudah saya jelaskan diatas, maka sekarang data yang berada pada Cell B atau kolom Nama Siswa akan berubah urutannya. Kini urutan Nama Siswa akan sesuai dengan susunan Abjad, A-Z atau Z-A (sesuai pengaturan).

Sekarang anda tidak perlu khawatir dengan kolom-kolom lainnya atau takut datanya menjadi tidak sesuai. Karena setelah kita melakukan pengurutan data (Sort) maka otomatis kolom-kolom lainnya akan mengikuti atau pindah juga sesuai dengan yang diubah.

Setelah mengubah susunan abjad pada kolom Nama Siswa akan muncul masalah baru pada kolom Nomor Urut, Itupun jika kita awalnya membuat nomor urut pada data tersebut.

Nomor urut ini akan terlihat kacau susunannya, karena mengikuti perubahan susunan pada kolom Nama Siswa. Tidak sulit untuk mengubah atau menyusunkan kembali nomor yang terdapat pada Cell A. Di Microsoft Office Excel kita bisa membuat susunan angka dalam sekejap.
Caranya, seperti gambar di atas.
silakan Anda ketik manual angka 1 (satu) pada Cell A6 dan angka 2 (dua) pada Cell A7. Setelah itu Anda blok Cell A6 dan A7 (Cell yang terdapat angka 1 dan 2). Arahkan kursor mouse pada sudut kanan bawah Cell A7 hingga berubah menjadi kursor plus/tambah (+) warna hitam. Klik+tahan (drag) atau tarik kebawah hingga Cell paling akhir.

Ok mungkin sekian dulu artikel Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Share This :
Admin

Blogger Pemula yang ingin berbagi seputar Tutorial, Aplikasi, Smartphone dan Teknologi.

0 komentar